Syarat Monetisasi Blog, Raih Penghasilan Google Adsense

oleh -111 Dilihat
Google Adsense
Google Adsense

Penghasilan tambahan kini semakin mudah dicari dan dapat disesuaikan dengan jenis skill yang dimiliki. Salah satunya yaitu menulis blog dapat mendatangkan uang dari Google. Anda perlu memasang iklan Google Adsense di website Anda. Pengunjung situs yang menelusuri website Anda dan menelurusi lebih jauh akan membantu Anda menghasilkan uang dari pengiklan. Sebelum mengetahui cara menghasilakannya, simak penjelasan berikut.

Apa yang Dimaksud Google Adsense ?

Adsense merupakan program perangkat lunak dari perusahaan Google yang bekerjasama dengan periklanan. Periklanan ini menggunakan media internet dan situs yang didaftarkan harus memenuhi syarat yang diminta. Program iklan berbasis cost per click (CPC) yang memberikan penghasilan bagi pemilik situs dari iklan yang terpasang. Prinsip kerja Adsense dengan memaksimalkan cache browser dari pengguna guna mengetahui apa yang dibutuhkan. Sehingga iklan yang muncul akan menyesuaikan minat dan kebutuhan Anda.

Iklan terpasang sesuai peminatan akan mengundang pengunjung website untuk mengekliknya. Pengiklan akan membayar pemilik website untuk setiap pengunjung yang mengklik iklannya. Semakin banyak jumlah klik dari pengunjung maka semakin besar pendapatan dari Adsense. Cara mendapatkan penghasilan dari program ini yaitu menyediakan ruang iklan dengan menempelkan kode iklan berupa script. Pengiklan memberikan penawaran harga tertinggi untuk bisa tampil di situs Anda. Seluruh iklan yang diklik akan menghasilkan bayaran.

Google Adsense
Google Adsense

1 Siapkan ruang iklan   2 Iklan harga tertinggi muncul   3 Bayaran setiap pengunjung mengklik iklan

Syarat Monetisasi Blog Untuk Meraih Penghasilan

Tidak hanya menampilkan konten yang menarik, blog juga harus memenuhi syarat lain agar pengajuan Adsense diterima. Tidak semua jenis konten dapat lolos seleksi Adsense karena adanya larangan untuk konten-konten tertentu. Ada juga persyaratan umur karena terkait rekening tempat menerima pendapatannya. Berikut ini syarat-syarat blog agar diterima pengajuan Adsense. Baca juga tentang keuntungan AdSense YouTube yang bisa Anda dapatkan.

  1. Isi Konten Unik

Konten berisi suatu hal unik maksudnya berbeda dari yang lain, bukan merupakan hasil plagiat dari artikel lain dan juga adanya daya tarik. Usahakan konten yang dibuat merupakan produk original dan actual maupaun evergreen. Penilaian uniknya konten dapat dilihat dari banyaknya pengunjung dan laman lain yang merekomendasikannya.

  1. Telah Memiliki Pengunjung

Melanjutkan dari poin sebelumnya, konten unik juga harus dapat menarik pengunjung untuk membaca. Jika selama penayangan konten berkali-kali masih belum bisa menarik perhatian pengunjung, maka blog belum bisa diterima Adsense. Jumlah pengunjung ini akan menentukan pendapatan yang akan diterima dari Adsense. Semakin banyak pengunjung, maka semakin besar peluang mendapatkan penghasilan.

Baca Juga:  Cara Lolos Google AdSense

Google tidak menyebutkan angka pasti jumlah pengunjung. Hanya menggambarkan website harus mempunyai traffic dan pageview tinggi.  Beberapa situs menyarankan minimum jumlah pengunjung di website Anda sejumlah 100-250. Berdasarkan pengalaman para blogger, jumlah pengunjung untuk artikel Indonesia minimal memiliki 1000 pengunjung untuk bisa mendapatkan penghasilan berupa dolar dari Adsense.

  1. Umur Di Atas 18 Tahun

Umur minimal untuk diterima di atas 18 tahun karena berkaitan dengan pengiriman kode dari akun Adsense untuk aktivasi. Namun jika Anda sudah terjuan ke dunia blog cukup lama dan umur masih di bawah 18 tahun, bisa gunakan data diri orang lain. Usahakan memakai data diri yang usianya lebih tua, bisa dari anggota keluarga seperti kakak atau orang tua. Berbeda pula dengan pengiriman rekening hasil dari iklan tidak mempermasalahkan terkait umur dan rekening yang akan dipakai.

  1. Satu Akun Google Adsense

Google hanya memperbolehkan publisher Adsense untuk memiliki satu akun. Satu akun ini dapat ditambahkan ke banyak website untuk dipasang iklan. Jika tetap ingin memiliki akun lebih dari satu maka gunakan identitas orang yang berbeda untuk mendapatkan kode aktivasi dari orang yang berbeda. Meski pengolah akun hanya satu orang, namun akun Adsense tetap akan terbaca dua orang.

  1. Tidak Menampilkan Konten Terlarang

Baik berjumlah sedikit hingga konten khusus, konten terlarang tidak akan diterima. Konten yang terlarang seperti konten dewasa, kekerasan, SARA. Dapat juga situs jual beli untuk obat-obatan terlarang, produk rokok tanpa bea cukai, penjualan obat tanpa adanya kerjasama dengan lembaga penanggungjawab resmi. Selain itu konten yang berisi program berupa kompensasi jika mengklik iklan, melakukan penawaran, penelusuran, menjelajahi situs website hingga membaca email.

Baca Juga:   Mendapatkan Bayaran Dari Youtuber yang Berpenghasilan Melalui Adsense

Itulah syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk mendaftarkan website Anda ke Google Adsense. Adanya pelarangan untuk mengklik iklan yang dipasang di website sendiri. Menyuruh teman untuk membantu klik iklan yang terpasang di website sendiri. Anda juga larangan melakukan provokasi atau menyuruh orang dalam jumlah banyak untuk melakukan klik pada website Anda. Larangan ini dilakukan untuk menghindari kerugian besar dari pengiklan karena iklan yang dipasang tidak tepat sasaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.