Jenis-Jenis Iklan Google Adsense yang Bisa Dicoba

oleh -125 Dilihat
Google Adsense
Google Adsense

Google Adsense memberikan simbiosis mutualisme bagi pengiklan dan pemilik website. Pengiklan membutuhkan Adsense untuk menjangkau pelanggan lebih luas. Sehingga tingkat penjualan produk yang diiklankan lebih banyak. Layanan iklan internet ini memberikan kesempatan bagi pemilik produk untuk mempromosikan produknya. Iklan dengan penawaran harga paling mahal akan menduduki situs trategis seperti muncul di laman website pertama dan dengan waktu loading yang singkat.

Cara Memasang Iklan Google Adsense

Miliki akun Adsense dengan mendaftarkan diri di situs Google Ads lalu ikuti perintah untuk pembuatan. Selanjutnya login ke akun agar diarahkan ke laman pilihan goal iklan. Bagi pemula biasanya akan disarankan untuk memakai iklan Smart Campaign. Pengaturan iklan secara otomatis yang dibuat dengan bantuan machine learning. Akan tetapi Anda juga biasa membuat sesuai keinginan dengan memilih menu Expert Mode dan klik “Switch to Expert Mode”.

Google Adsense
Google Adsense

Langkah selanjutnya dengan menentukan tujuan dari iklan yang akan dipasang. Tujuan-tujuan tersebut diantaranya; sales, leads, website traffic, product and brand consideration, brand awareness and reach, app promotion dan local store visits and promotion. Setelah menentukan tujuan dari iklan, maka langkah selanjutnya yaitu memilih jenis-jenis tampilan iklan yang sesuai dengan tujuan iklan. Jenis iklan yang dapat digunakan terdiri dari 5 jenis iklan seperti yang dijelaskan di bawah ini.

Jenis-Jenis Iklan Google Adsense

Pengiklan akan menentukan goal dari pemasangan iklan agar dapat diatur untuk mencapai tujuan. Beberapa goal iklan berupa penjualan produk online dan offline ada juga iklan yang mendorong pelanggan untuk melakukan sesuatu. Anda juga bisa mencapai banyaknya pengunjung website. Bisa juga hanya untuk menjangkau pengunjung lebih luas serta membangun brand  awareness. Kenali jenis-jenis iklan untuk disesuaikan dengan tujuan yang ingin dicapai.

  1. Search Ads
Baca Juga:  Layanan Google Adsense? Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Iklan yang muncul saat pengguna Google melakukan pencarian dengan kata kunci yang serupa dengan iklan. Sebagai contoh kata kunci “tumbuhan penyerap polutan” maka beberapa penjual yang memakai jasa Google Ads dan memiliki tanaman tersebut akan ikut muncul. Kelebihan menggunakan iklan jenis ini adalah banyak pengunjung yang sekaligus menelusuri halaman iklan tersebut karena sesuai dengan minat dan kebutuhannya. Sehingga iklan yang ditampilkan tepat sasaran dengan konsumen yang membutuhkannya. Cocok digunakan untuk pengiklan yang bertujuan untuk mencapai target penjualan, tingkat traffic website dan leads. Simak juga tentang google adsense yang membuat tergiur.

  1. Display Ads

Salah satu jenis iklan yang bisanya muncul berupa gambar-gambar. Biasa digunakann untuk memperkenalkan suatu brand pada pelanggan. Bentuk gambar lebih banyak diklik karena tersaji dalam visual yang menarik. Google akan menyesuaikan iklan ini dengan kata kunci yang dicari, letak geografis hingga minat pengunjung. Iklan ini juga akan ditempatkan di website yang relevan. Iklan ini bertujuan untuk meningkatkan brand awareness suatu bisnis.

  1. Shopping Ads

Seperti namanya, iklan jenis ini bertujuan untuk menawarkan berbagai infromasi seputar produk atau layanan yang akan dijual. Informasi layakanya gambar, harga produk, nama penjual dan lainnya termasuk ke dalam jenis iklan ini. Penggunaan iklan ini akan membantu meningkatkan traffic website bisnis. Biasanya akan ditempatkan di konten-konten actual dan mengikuti perkembangan terkini dari masyarakat usia produktif.

  1. Video Ads

Iklan berbentuk video banyak ditemukan di aplikasi Youtube saat pertama kali membuka Video. Terbagi atas beberapa jenis iklan video yaitu Skippable in-Stream Ads artinya iklan ini dapat di skip. Discovery Ads, iklan ini akan muncul di situs hasil dari pencarian. Ada pula iklan yang berupa Non-video Ads dengan format berupa gambar atau teks. Dapat dipakai untuk segala tujuan baik untuk meningkatkan brand awareness, meningkatkan penjualan, product consideration hingga menaikkan traffic website ataupun leads.

  1. Google Adsense Admob
Baca Juga:  Pasang Google Adsense untuk Youtube dan Mulai Menghasilkan Uang

Admob singkatan dari Avertising on Mobile yang berarti jenis iklan yang dapat membantu dalam urusan promosi produk melalui aplikasi seluler. Beberapa aplikasi smartfphone pada pengguna akan muncul banner iklan saat aplikasi digunakan. Sifat dari Adsense ini multiplatform yang artinya dapat digunakan untuk segala sistem seperti android, WebOS, iOS serta Windows Phone.

Google Adsense

Cocok digunakan untuk bisnis yang menyiapakan Adsense ramah aplikasi seluler. Jika Anda memiliki aplikasi, Anda juga bisa mempromosikannya di mesin pencarian, Play Store hingga Youtube. Iklan ini secara tidak langsung membujuk pengguna aplikasi untuk mendownload aplikasi yang diiklankan. Berbagai penawaran menarik setelah aplikasi yang diiklankan berhasil diunduh seperti mendapat deposit awal dan lainnya.

Itulah jenis-jenis iklan Google Adsense yang bisa Anda coba. Setiap jenis iklan memiliki format yang telah disesuaikan dengan tujuan awal pembuatan iklan. Semua jenis produk  memang bisa diiklankan dengan satu jenis, akan tetapi format yang disediakan oleh tiap iklan membantu mencapai tujuan tersebut. Maka dari itu, ketahui tujuan awal tersebut sebelum menentukan jenis iklan yang akan dipakai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *