Inilah 3 Teknik Trading Yang Wajib Banget Kamu Ketahui!

oleh -127 Dilihat
Teknik Trading
Teknik Trading

Berbicara mengenai trading memang sudah tidak asing lagi bagi kalangan para millenial saat ini. Bahkan kini trading ini menjadi sebuah tren yang banyak diincar oleh kalangan pemuda. Tentunya, untuk bisa berhasil ketika melakukan trading ini, kamu harus mengetahui teknik trading terlebih dahulu. Ada banyak jenis trading yang bisa kamu ikuti, tetapi yang paling banyak dilakukan oleh orang – orang saat ini adalah trading saham secara online.

Teknik Trading
Teknik Trading

Trading saham ini merupakan salah satu aktivitas jual beli pada suatu perusahaan bursa efek. Lalu kira – kira apa bedanya ya antara trading dan investasi? Nah, sebenarnya antara keduanya ini terbilang hampir sama. Hanya saja yang membedakannya adalah jangka waktu atau timeframe-nya. Untuk trading, biasanya jangka waktunya cenderung lebih pendek dibandingkan dengan investasi yang memerlukan waktu lebih panjang.

Teknik Trading Yang Harus Dipahami Oleh Para Trader Pemula

Harus kamu ketahui bahwasannya trading ini memiliki banyak variabel yang memang harus benar – benar dipelajari dengan baik oleh para pemula. Mengapa demikian? Karena untuk bisa menentukan apakah harga saham tersebut bisa naik atau tidak ini membutuhkan ilmu dimana di dalamnya ini terdapat berbagai variabel tersebut. Bahkan seorang ahli trading pun rasanya belum bisa menentukan harga saham tersebut apakah akan naik atau turun.

Teknik Trading

Oleh karena itu dengan mempelajari variabel ini, maka kamu bisa menganalisis dan memprediksi bagaimana harga dari saham tersebut karena memang diperkuat oleh berbagai variabel tadi. Selain itu, hal lain yang harus dipelajari oleh para trader pemula adalah teknik memainkan trading. Kurang lebih ada 3 teknik bermain trading yang harus diketahui. Berikut penjelasannya!

Baca Juga:   Hal yang Harus Kalian Perhatiakan Sebelum Memulai Investasi Saham

Teknik Trading Supply & Demand

Teknik paling utama yang harus kamu pelajari ketika akan melakukan trading adalah supply dan demand. Arti dari supply adalah pasokan, sementara arti demand adalah permintaan. Teknik ini merupakan dasar dari jual beli yang sangat penting untuk diketahui. Dengan begitu, para trader akan mengetahui apakah harga saham akan naik ataupun turun.

Logikanya bisa kita teorikan seperti ini. Jika pasokan atau supply tadi ini banyak dan permintaan (demand) pun akan rendah, maka bisa disimpulkan bahwa harga akan cenderung turun. Sebaliknya, jika supply (pasokan) rendah dan demand (permintaan) tinggi, maka harga pun akan cenderung naik. Simak juga tentang trading yang memberikan keuntungan.

Teknik Volume

Selanjutnya adalah teknik volume. Maksudnya dengan teknik ini, kita bisa mengetahui seberapa besar jumlah volume dalam aktivitas jual beli saham tersebut.  Melalui teknik ini kita bisa mengetahui tingkat keramaian pasar dari saham tersebut. Jika ada saham dengan volume yang besar, artinya ada banyak aktivitas jual beli yang cukup ramai sehingga jumlah yang diperjualbelikan pun cenderung akan cukup besar.

Nah, biasanya untuk saham yang tipe – tipe seperti ini lebih diincar oleh para trader terutama jika harganya sedang naik. Apabila kenaikan harga saham bersamaan dengan volume yang cukup besar maka bisa disimpulkan bahwa kelanjutannya akan mengalami kenaikan lagi.

Teknik DCA

Untuk teknik yang ketiga yaitu Dollar Cost Averaging atau DCA. Teknik yang terakhir ini merupakan teknik yang paling aman untuk para trader pemula. Mengapa demikian? Karena, di sini metodenya itu seperti menabung saham yang dilakukan secara rutin tanpa harus memikirkan apakah harga saham tersebut akan naik atau turun.

Baca Juga:  Berikut Ini adalah Tips Trading yang Wajib Diketahui oleh Pemula! Jangan Sampai Terlewat!

Teknik ini pun dinilai terbilang cukup efektif dibandingkan dengan berbagai teknik lainnya karena sebagaimana kita ketahui bahwa rata – rata harga saham bluechip di Indonesia ini dari tahun ke tahunnya selalu naik. Tetapi, harus kamu ketahui bahwa teknik ini hanya aman ketika diaplikasikan pada pembelian saham bluechip saja.

Ketiga teknik bermain trading tersebut sangat penting untuk diketahui karena memang bisa dibilang merupakan dasar ketika akan terjung ke dunia trading ini. Terlebih lagi bagi para pemula yang masih belum mengetahui bagaimana dan apa saja yang harus dilakukan ketika akan melakukan trading ini.

Jika kamu sudah terjun di dunia trading, kemudian mulai melakukan deposit, namun pada akhirnya mengalami kegagalan jangan langsung frustasi. Hal ini memang wajar dikarenakan di sini kamu memang masih belajar dan juga belum memiliki banyak pengalaman kapan waktu yang tepat untuk melakukan investasi saham tersebut. Tentunya hal ini pun menjadi salah satu kendala yang sering dialami oleh para trader pemula.

Oleh karena itu, pentingnya melakukan evaluasi setiap sesudah melakukan trading ya. Hal ini bertujuan supaya kamu bisa belajar dan memahami terus menerus apa saja yang harus dilakukan untuk bisa mendapatkan keuntungan ketika melakukan trading.

Demikianlah ulasan mengenai tiga teknik trading yang bisa harus kamu pelajari dan pahami. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat buat kamu ya. Semoga beruntung!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *